Artis Senior Yang Sekarang Jadi Anggota DPR

Mikecraneforcongress – Sutradara terkenal yaitu Dede Yusuf Macan Effendi, atau yang sering di sebut bernama Dede Yusuf ialah Ketua Komisi IX DPR RI masa periode 2014 sampai dengan tahun 2019. Awalnya dia memegang sebagai Wakil Gubernur Jabar pada 2008 sampai dengan tahun 2013.

Dia dikenali sebagai artis pertandingan senior sekalian sutradara terkenal. Sekarang, artis yang berumur 55 tahun ini sudah membanting stir jadi seorang politikus.

Lalu, siapakah Dede Yusuf? Digabungkan dari beragam sumber, berikut profilnya dari sutrada yang terkenal tersebut :

Profesi yang sudah di tekuni oleh Dede Yusuf saat menekuni dunia peran, bermula saat jadi aktor pembantu dalam film Catatan Sang Boy di tahun 1986. Saat itu dia sukses menjadi bintang beberapa film dan seri tv yang mengorbitkan namanya yaitu, Jendela Rumah Kita yang tampil pada tahun 1989 sampai 1992 di stasiun tv TVRI.

Selainnya jadi artis, Dede sempat juga jadi pemandu kuis Tidak Tik Boom, program acara ini juga sukses menempati peringkat paling atas sepanjang 6 tahun. Karena itu, Dede mendapatkan penawaran untuk membantu beberapa program tv terkenal, satu diantaranya ialah Rumahku yang tampil pada tahun 2006.

Pria kelahiran 14 September 1966 ini sudah mempunyai pengalaman organisasi yang mengajari kepimpinan, satu diantaranya ialah saat dia jadi Ketua Umum PARFI (Persatuan Aktris Film Indonesia). Sesudah mempunyai perbekalan untuk masuk ke dunia politik, dia selanjutnya daftarkan diri sebagai calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Instruksi Nasional (PAN).

Saat itu Dede sukses dipilih jadi anggota legislatif Judi Slot pada periode kedudukan 2004 sampai 2009. Waktu itu dia menempati Komisi VII sektor Energi, Lingkungan Hidup, Minyak dan Gas, dan Ristek. Selanjutnya, Dede meneruskan perjalanan politiknya dengan memegang sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat pada masa 2008-2013 bersama Ahmad Heryawan.

Sesudah periode kedudukan sebagai Wakil Gubernur habis, di tahun 2013 Dede berpindah ke partai Demokrat. Dia kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat bersama Lex Laksamana, tetapi sayang mereka tidak dipilih.

Di tahun 2014 saat pemilu legislatif, dia tidak putus asa untuk mencalonkan diri kembali sebagai Calon Legislatif DPR RI untuk dapil Jawa Barat II yang mencakup daerah Bandung dan Bandung Barat. pada saat itu, Dede Yusuf yang lolos dan bekerja di Komisi IX untuk Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kependudukan, Kesehatan pada masa periode 2014 sampai dengan 2019.