Ramai Soal Jadwal Pemilihan Umum 2024

Mikecraneforcongress – Pemilu 2024 akhir-akhir ini menjadi bahan perbincangan hangat. Pasalnya, jadwal pemilihan umum itu masih buntu tanggal pasti pelaksanaannya. Lalu, sebenarnya apa saja sih faktor yang jadi pertimbangan penentuan jadwalnya? Yuk simak supaya kamu lebih banyak tahu.

 Apa itu Pemilu?

Pemilu merupakan akronim dari Pemilihan Umum. Pemilu merupakan sebuah kegiatan pemilihan pemimpin politik di Indonesia yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Adapun pemilu ini diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan harus berdasarkan asas Pancasila.

Adapun, pemilu di Indonesia dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Jika kamu sudah berusia 17 tahun, maka wajib ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan pemilu ini ya. Sebab, pemilu merupakan salah satu hak demokrasi kamu sebagai warga negara Indonesia.

Kendala Penentuan Jadwal Pemilu 2024

Jadwal pemilu 2024 masih juga belum disepakati. Hal ini dikarenakan ada perbedaan pendapat dari dua pihak yaitu Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dengan KPU. Pihak Kemendagri mengusulkan jadwal Pemilu 2024 digelar 15 Mei dan pilkada serentak pada 27 November.

Namun, KPU menghendaki jadwal yang berbeda. Mereka mengusulkan dua pilihan terkait jadwal tersebut. Pertama, pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 21 Februari, lalu Agen Slot pilkada serentak pada 27 November. Opsi kedua yaitu dilaksanakan tanggal15 Mei 2024 dan pilkada serentak diundur hingga tanggal 19 Februari 2025.

Selain itu, hasil rapat yang tidak menghasilkan keputusan juga jadi kendalanya. Kedua pihak pengusul jadwal pemilu ini saling bersikukuh dengan usulan masing-masing.

Pelaksanaan pemilu memang terbilang rumit. Hal ini karena pemilu bukanlah kegiatan yang main-main dan menentukan masa depan Indonesia. Tapi, apakah kamu sudah tahu tujuan diselenggarakannya pemilu?

Tujuan Pemilu di Indonesia

Pemilu di Indonesia sendiri punya lima tujuan. Yuk simak masing-masing penjelasannya!

  1. Bentuk implementasi kedaulatan rakyat

Berdasarkan UUD 1945, kedaulatan Indonesia ada di tangan rakyat. Adapun, rakyat yang berdaulat tidak bisa memerintah negara ini secara langsung.

Dengan adanya pemilu, rakyat bisa memilih para wakilnya. Para wakil yang terpilih ini nantinya akan menentukan pihak yang akan memegang tampuk pemerintahan.

  • Bentuk membentuk perwakilan politik

Melalui adanya pemilu, rakyat bisa menentukan para wakilnya yang dipercaya untuk menyalurkan aspirasi serta kepentingannya.

Semakin tinggi kualitas penyelenggaraan pemilu, maka makin baik pula kualitas wakil yang terpilih di lembaga perwakilan rakyat.

  • Bentuk penggantian pemimpin secara konstitusional

Pemilu nantinya dapat mengukuhkan pemerintahan yang sedang berjalan atau bisa juga untuk mewujudkan reformasi pemerintahan. Melalui adanya pemilu, pemerintahan yang aspiratif akan dipercaya untuk memimpin kembali oleh rakyat. Namun sebaliknya, apabila rakyat tidak percaya dengan wakilnya, maka pemerintahan tersebut harus berakhir dan diganti.

  • Bentuk partisipasi politik masyarakat

Melalui kegiatan pemilu, rakyat bisa secara langsung menetapkan kebijakan publik melalui dukungannya kepada calon wakilnya. Calon wakil rakyat yang terpilih karena dukungan rakyat harus merealisasikan janji mereka saat sudah memegang tampuk pemerintahan.

  • Sarana pemimpin politik memperoleh legitimasi

Pemberian suara oleh pemilih dalam pemilu sebenarnya merupakan bentuk penyerahan mandat rakyat kepada wakilnya yang dipilih untuk menjalankan roda pemerintahan.

Kesimpulan

Pemilu 2024 merupakan sebuah bentuk pesta demokrasi bagi masyarakat Indonesia. Pelaksanaannya harus berlandaskan UUD 1945 dan Pancasila serta langsung, jujur, bersih, dan adil. Jika kamu sudah berusia 17 tahun ke atas, jangan lupa gunakan hak demokrasimu dalam pemilu ya! Sebab, pemilu merupakan salah satu jalan kamu bisa menentukan masa depan Indonesia dengan memilih wakil rakyat yang tepat.