Jokowi Resmi Lantik Dewan Pengarah BRIN

Mikecraneforcongress – Presiden Jokowi akhirnya resmi melantik susunan Dewan Pengarah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Pelantikan tersebut di gelar pada Rabu 13 Oktober 2021 di Istana Negara Jakarta Pusat. Dalam pelantikan itu, Jokowi menetapkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Puteri sebagai ketua BRIN.

Pelantikan anggotan BRIN yang dilakukan tersebut merujuk padar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45 Tahun 2021 yang berisi tentang Keanggotaan Dewan Pengarah BRIN. Adapun jumlah anggotan yang dillantik sejumlah 10 orang termasuk Megawati Soekarno Putri.

Para anggota yang dilantik diharuskan mengambil sumpaj jabatan di depan Presiden Jokowi. Dan harus setia terhadap Undang-Undang Dasar 1945 serta harus menjalankan peraturan perundang-undangan sebagaimana mestinya.

Presiden memandu para anggota untuk mengucapkan ikrar sumpah jabatan secara bersama-sama. “ Bahwa saya, dalam menjalankan segala tugas dan jabatatan akan bekerja dengan sebaik-baiknya, menjunjung tinggi etika jabatan dengan rasa tanggung jawab,” kata Jokowi kemudian diikuti oleh 10 anggota Dewan pengarah BRIN.

Sesuai Keppres nomor 45 tahun 2021 di atas, berikut ini nama-nama yang menjadi anggota Dewan Pengarah BRIN beserta tingkat jabatannya:

  1. Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua
  2. Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia sebagai Wakil Ketua
  3. Suharso Monoarfa, Menteri perencanaan pembangunan Nasional/Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai Wakil Ketua
  4. Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto sebagai Sekertaris
  5. Tri mumpuni menjadi anggota
  6. Bambang Kesowo sebagai anggota
  7. Marsudi Wahyu Kisoro sebagai anggota
  8. I Gede Wenten sebagai anggota
  9. Adi utarini sebagai anggota
  10. Emil Salim sebagai anggota

Menjadi Ketua BRIN, apa tugas Megawati?

Ketentuan mengenai BRIN tertuang pada Perpres Nomor 78 tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional. Dalam perpres tersebut tertuang apasa jasa yang berkaitan dengan BRIN mulai dari pengertian, unsure pelaksana hingga teknis pejabat dewan pengarah beserta anggotanya.

BRIN sendiri merupakan sebuah lembaga yang dibentuk dan bertanggung jawab dibawah presiden. BRIN melaksanakan tugas-tugasnya meliputi penelitian, pengkajian, pengembangan, penerapan serta inovasi dan invensi. BRIN juga melakukan penyelenggaraan keantariksaan dan ketenaganukliran yang terintegrasi.

Disini BRIN memiliki tugas membantu presiden untuk melaksanakan tugas pemerintahan di dalam bidang-bidang tersebut  secara nasional. Bdan ini juga berperan Judi Online dalam melakukan pengawasan, pengendalian  serta evaluasi dari tugas dan fungsi dari BRIDA ( Badan Riset dan Inovasi Daerah).

Sebagai anggota Dewan pengawas yang ditunjuk menjadi ketua, Megawati juga memiliki tugas yang tertuang dalam Perpres No 78 tahun 2021. BRIN sebenarnya memiliki dua unsure yakni Dewan Pengawas dan Dewan pelaksana. Sebagai dean pengawas tugas Megawati termaktub dalam Pasal 6 yang berbunyi sebagai berikut:

“Dewan Pengarah memiliki tugas memberikan pengarahan kepada Kepala dalam merumuskan kebijakan  dan penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran, keantariksaan menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional pada bidang kehidupan yang berpedoman berdasarkan nilai-nilai Pancasila”.

Kemudian dilanjutkan pada Pasal 7 Ayat (1), susunan kepengurusan Dewan pengarah pada BRIN sebagai berikut:

  1. Ketua
  2. Wakil ketua
  3. Sekertaris
  4. Anggota

Dalam melakukan tugas serta fungsinya, Ketua Dewan Pengarah BRIN akan dibantu oleh staf khusus yang berjumlah 4 orang, dengan kewenangan ketua sebagai berikut:

“Ketua dewan pengarah sebagaimana yang dimaksud dalam ayat 2 memiliki kewenangan dalam memberikan masuka, arahan, evaluasi,persetujuan ataupun rekomendasi kebijakan pada keadaan tertentu serta dapat membentuk Satuan Tugas Khusus guna pelaksanaan tugas menjadi lebih efektif sesuai dengan fungsi yang dilakukan oleh Pelaksana”.