Bapak Dan Anak Kembali Terjerat Kasus Korupsi

Mikecraneforcongress – Bupati Kabupaten Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin resmi ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dodi Reza terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar KPK dengan dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan infrastruktur. Mirisnya Dodi Reza merupakan anak dari mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin yang juga kini menjadi tahanan KPK akibat korupsi.

Anak dan bapak tersebut kini sama-sama terjerat dengan kasus yang sama. Bedanya Alex Noerdin, sang bapak telah ditetapkan Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai tersangka. sedangkan Dodi Reza statusnya masih belum tersangka karena masih diperiksa lebih lanjut oleh KPK.

Sebelumnya KPK memang tengah mengadakan OTT di lingkungan kerja Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Dalam OTT tersebut bukan hanya Bupati Alex Nurdin saja yang ditangkap, namun juga dengan beberapa pejabat lainnya.

“Pada kegiatan yang telah kami lakukan, tim KPK mengamankan beberapa orang dari pihak pejabat yang ada di lingkungan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin. Sejauh ini sudah ada sekitar 6 orang yang diamankan, diantaranya Bupati Musi Banyuasin Judi Online beserta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan tersebut,” ungkap Ali Fikri selaku Juru Bicara KPK pada wartawan Sabtu (16/10/2021).

Ali mengatakan bahwa kegiatan OTT tersebut terkait dengan dugaan korupsi  suap atas pengadaan barang serta jasa infrastruktur. Saat ini KPK telah selesai memeriksa pihak-pihak yang bersangkutan dan akan diteruskan ke Jakarta.

“Kegiatan tangkap tangan yang dilakukan oleh piahk KPK berkaitan dengan dugaan tindak pidana korupsi berupa suap atas pengadaan barang serta jasa infrastruktur yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan,” lanjut Ali.

“Informasi terakhir yang diperoleh, dari tim KPK sendiri telah selesai melakukan pemeriksaan kepada para pihak yang bersangkutan di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan. Dan selanjutnya akan dibawa ke Jakarta guna dilakukan pemeriksaan lanjutan,” tambahnya.

Untuk menentukan status para pihak yang terlibat menjadi tersangka, KPK memiliki waktu 1×24 jam. Dalam perkembangan terkait perkara tersebut akan diinformasikan lebih lanjut nantinya.

Kasus yang menjerat sang Bapak: Alex Noerdin

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Dodi Reza merupakan anak dari mantan gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Alex yang juga menjadi salah satu anggota DPR RI dari Fraksi Golkar tersebut sebelumnya juga ditetapkan menjadi tersangka atas dugaan kasus korupsi. Tak tanggung-tanggung, dugaan yang menjerat Alex tersebut sebanyak dua kasus karupsi yang berbeda. Yang pertama yakni terkait kasus gas bumi dan yang kedua terkait dana hibah untuk Masjid Sriwijaya di Kota Palembang.

Adapun rincian dari dua kasus yang telah menjerat Alex hingga berujung membuatnya menjadi tersangka dan tahanan KPK:

  1. Kasus gas bumi

Kasus pertama yang menimpa Alex yakni terkait gas bumi. pada Sepetember lalu, Alex resmi ditetapkan oleh Kejaksaan Agung sebagai tersangka karena diduga melakukan korupsi gas bumi pada salah satu perusahaan pertambangan dan energi yang ada di Sumatera Selatan. Kasus tersebut terjadu saat Alex tenngah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan selama 2 periode.

  • Kasus dana hibah Masjid Sriwijaya

Kasus tersebut bermula ketika proses pembangunan Masjid Sriwijaya Palembang mangkarak. Pembangunan tersebut dilakukan oleh Yayasan Wakaf Sriwijaya menggunakan dana dari Pemprov sebesar Rp 130 Milyar. Setelah diselidiki diduga pembangunan tersebut tidak sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan, hingga akhirnya ditetapkanlah empat orang tersangka korupsi yang salah satunya adalah Alex  Noerdin.