AKSI ANARKIS KKB PAPUA

Mikecraneforcongress – Lama tak muncul dengan aksi anarkis nya saat ini KKB Papua atau sering disebut dengan Kelompok Kriminal Bersenjata Papua ini kembali muncul dengan sejumlah aksi anarkisnya. Munculnya aksi anarkis KKB Papua ini dinilai sangat merugikan sekali untuk warga Papua.

Beberapa waktu lalu KKB Papua melakukan tindak pembakaran salah satu rumah kepala suku berserta tempat – tempat pendidikan di kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Untung saja dalam aksi anarkis KKB Papua ini tidak ada korban jiwa.

Setelah adanya aksi tersebut Kepala Suku Dambet, Benner Tinal mengadakan sebuah ritual adat bakar batu sebagai bentuk rasa syukur atas keselamatan hidup mereka. Mereka bersyukur atas keselamatan dari aksi pembakaran oleh KKB Papua yang menghanguskan beberapa honai, bangunan sekolah, dan rumah kepala suku mereka.

Pemicu Munculnya Aksi Anarkis KKB Papua

Berikut ini fakta terkait munculnya aksi anarkis KKB Papua yang melakukan aksi pembakaran rumah salah satu kepala suku dan sejumlah tempat – tempat penting di wilayah Damet :

1. Tidak adanya korban jiwa

Pristiwa yang terjadi di malam Sabtu, 17 April 2021 pada pukul 21.30 WIT ini menjadi saksi atas tindak anarkis KKB di wilayah Dambet. Di dalam peristiwa malam itu banyak sekali kerugian yang di rasakan warga Dampet. Karena banyak sekali kerugian materiil karena rusaknya Judi Online fasilitas pendidikan, rumah rumah warga dan juga rumah kepala suku Benner Tinal.

2. Gedung Sekolah Yang Terselamatkan

Dalam peristiwa ini masyarakat berhasil mengamankan salah satu gedung sekolah dasar di wilayah Dambet hingga tak sempat terbakar. Satuan polisi dan TNI sejak lama banyak yang di tugaskan untuk memberantas kekejaman KKB Papua hingga saat ini. Tak hanya gedung pendidikan saja yang terbakar tapi juga salah satu rumah kepala suku Dambet juga menjadi korban kekejaman aksi anrkis KKB Papua.

3. Sempat Terjadi Tembakan

Seperti dikatakan Kepala polsek Dambet Ali Akbar sebelum menuju lokasi terjadinya pembakaran sempat terdengar suara tembakan. Mereka juga sempat di halang – halangi oleh anggota KKB dengan tembakan saat menuju lokasi. Karena jarak yang ditempuh oleh polisi dan TNI ini cukup jauh dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki, maka banyak tempat yang tak bisa diselamatkan.

4. Mengelar Upacara Adat Bakar Batu

Setelah aksi KKB Papua saat itu warga masyarakat bersreta kepala suku wilayah Dambet menggelar upacara adat bakar batu. Acara adat ini adalah wujud syukur atas keselamatan warga Dambet karena tidak ada korban jiwa dalam pristiwa tersebut.

Dalam acara ritual adat bakar batu ini dihadiri oleh Kasatgas Humas Nemangkwai Kombes Pol M Iqbal Al Qudusy dan anggota Polri Kompol Dudung Setyawan berserta Birgpol Akram.  Acara ini juga dimanfaatkan masyarakat Dampet agar semakin terjalin silahturahmi yang baik dengan anggota Polri dan juga anggota TNI yang bertugas.

5. Keamanan Dan Perlindungan Akan Tetap Dijaga

Ucapan terima kasih selalu di berikan warga Papua khusunya wilayah Dambet untuk Polisi dan TNI yang telah ditugaskan diwilayahnya. Warga masyarakat sangat berharap agar peristiwa dan keberadaan KKB ini segera berakhir.

Masyarakat Papua sangat berharap ingin kehidupan yang aman dan tentram tanpa adanya peperangan lagi. Warga Papua juga sangat mengharapakan penegakan hukum bagi pelaku KKB yang telah menganggu ketenangan hidup warganya. Itulah beberapa fakta yang ada saat terjadi aksi anarkis KKB Papua akhir – akhir ini. Semoga kita semua selalu hidup tentram tanpa adanya permusuhan.