Dirjen Kementan Pakai Seragam Khas Nasdem

Mikecraneforcongress – Anggota Komisi IV Fraksi Golkar, Alien Mus bertanya foto yang perlihatkan barisan pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) mengenakan seragam loreng biru yang serupa dengan Partai Nasdem.

Dalam foto itu perlihatkan beberapa pejabat Judi Online Eselon 1 Kementan yang tengah mengunjungi suatu acara bersama Ketua Umum Nasdem Surya Paloh yang gunakan setelan jas biru. Di foto itu terlihat ada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang gunakan setelan jas biru.

Dilihat dalam foto pejabat Kementan merupakan Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, serta beberapa pejabat lainnya.

Alien memperingati beberapa pejabat eselon I dalam foto itu dengan status aparatur sipil negara (ASN) yang memilki rambu-rabu dalam berkaitan dengan aktris politik.

“Kami betul-betul pahami, kami berpolitik. Kami sudi Bapak hadir menjadi ASN serta mohon maaf Pak itu dirapikan PKPU, dirapikan kalau ASN tidak bisa berpolitik.Kalau politik masih 2024, tapi netralitas Bapak dirapikan bila ASN” ujar dia.

Pada Saat itu, Anggota dari Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan,seorang Sudin turut mengomentari laku pejabat Kementan itu. Menurutnya hal itu bukan tindakan yang betul ditunaikan untuk orang ASN.

“Kurang etislah kalau pakai busana sama dengan itu. Pak Menterinya saja yang kader tulen Nasdem tidak memakai seragam sama dengan itu. Kedepannya kalau ada pihak yang mengemukakan ke Menpan RB atau ke mana, tahu kan ancamannya?” ajukan pertanyaan dia.

“Pencabutan serta pengurangan pangkat grup itu UU-nya,” ikat Sudin.

Sudin mohon biar tindakan itu tidak diulangi di hari depan. Dia menegaskan ke barisan pejabat Kementan biar menitikberatkan kemampuan ketimbang simpati.

“Sudah lah Pak, jual kebolehan, jangan jual harga diri,” tegasnya.

Sudin bahkan juga bisa pula jadi memberi laporan mereka. Menurutnya ancamannya bisa ditarik atau diturunkan posisinya ke Eselon II meski sebetulnya di tahun depan mereka bakal pensiun.

“Tolong melindungi netralitas. Kalau Bapak main berdi belakang ya monggo silakan sebab Syahrul Yasin Limpo merupakan junjungan Bapak-Bapak semua. Janganlah jadi blunder,” ujarnya.

Sekjen Kementan Memohon Maaf
Memberikan tanggapan kritik anggota dewan, Sekjen Kementan Kasdi Subagyono memperjelas, penggunaan seragam itu tidak punya niat taktis. Dia bersama partnernya mengakui hanya biar menghargakan Nasdem sebab datang di acara partai yang dinakhodai Surya Paloh itu.

“Kehadiran kami dengan atribut itu, meski dengan cara resmi kita tidak dalam status itu bahwasanya. Kami pengin menghargakan acara itu, serta kami hadir bersama dengan Pak Menteri. Tidak ada maksud lain, mohon maaf kalau memanglah itu pakaian yang kurang sudi di Bapak Ibu sekalian,” kata Kasdi.

Saat itu, Wakil Ketua Komisi dari Fraksi Nasdem Rusdi Masse Mappasessu turut bicara. Menurutnya seragam loreng biru yang dikenakan barisan pejabat Kementan bukan seragam partainya.

“Kami di NasDem tidak mengetahui seragam itu serta di NasDem di sayap atau di badan tidak ada organisasi itu. Di skema tidak ada, jelas peluang ya Mpo88 sebab Pak Dirjen ini menterinya dari Nasdem serta kebetukan Nasdem berulangkali tahun, setahu saya Pak Menteri ini senangi jalan grup dengan Dirjennya,” ujar Rusdi.