Dua Minggu Sudah Fadli Zon Tidak Terlihat

Mikecraneforcongress – Anggota DPR RI Fadli Zon seperti lenyap ditelan bumi sesudah mendapatkan peringatan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto karena mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengevaluasi banjir di Sintang, Kalimantan Barat. Pas dua minggu politisi yang dikenali vocal Judi Online itu tidak aktif kembali di sosial media.


Berdasar pencarian SINDOnews, Fadli Zon paling akhir aktif di sosial media, baik di Twitter atau Instagram, pada 13 November 2021. Di hari itu, account sah Instagramnya, @fadlizon mengupload tiga posting. Satu diantaranya masalah kritikan ke Presiden Jokowi yang satu hari awalnya resmikan Circuit Mandalika di Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).


“Mengagumkan Pak. Selamat pengesahan Circuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, telah tiga minggu banjir belum kering,” catat Fadli Zon, 13 November 2021.


Tulisan yang serupa kenyataannya sudah dicuitkan Fadli Zon di Twitter pada 12 November 2021. Politisi Partai Gerindra itu memberi komentar ciutan Presiden Jokowi yang mencoba Circuit Mandalika dengan mengendari motor.


Pada 13 November 2021, Fadli Zon masih kelihatan aktif di Twitter dengan mereply artikel informasi yang berisi ciutan kritikannya ke Jokowi. Disamping itu, dia masih tetap menyikapi beberapa artikel informasi berkaitan deforestasi dan penangkapan teroris di Lampung.


Atas ciutan kritikan ke Jokowi yang trending di sosial media, Partai Gerindra memberi peringatan ke Fadli Zon. Juru Berbicara Gerindra Habiburokhman mengatakan pernyataan itu tidak sebagai wakil partai atau fraksi. Menurut dia, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memberi peringatan.


“Pak Prabowo, lewat Pak Sekjen (yang menyapa). Lisan saja,” kata Juru Berbicara Partai Gerindra Habiburokhman ke reporter, Minggu (14/11/2021).


Sesudah mendapatkan peringatan, Fadli Zon tidak aktif di sosial media hingga saat ini. Mitranya di Partai Gerindra, Arief Poyuono akui tidak paham keberadan Fadli Zon. “Aduh saya tidak tahu ke mana beliau (Fadli Zon, red), seperti lenyap ditelan tiupan angin semilir. Kemungkinan beliau kembali merenung pada sebuah tempat sunyi kali ya. Atau Twitter jangan-jangan di-hack orang kali ya,” ucapnya ke SINDOnews, Jumat (26/11/2021).


Fahri Hamzah yang dikenali lumayan dekat dengan Fadli Zon bahkan juga minta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk turut cari teman dekatnya itu.


“Pak gubernur @aniesbaswedan tolong mencari sahabat karib kamu… @fadlizon,” cuit Fahri Hamzah di account Twitternya @Fahrihamzah dengan emoji ketawa diambil pada Kamis (25/11/2021). Politisi Partai Gelora itu ikut mengupload photo periode muda Mpo88 Fadli Zon bersama Anies Baswedan. Dalam photo itu, Fadli Zon tengah kenakan jaket hoodie, dan Anies Baswedan kenakan baju pola kotak-kotak.