Ketua DPR Minta UNWTO Promokan Pariwisata

Mikecraneforcongress – DPR RI Puan Maharani menjelaskan, wabah Covid-19 membuat pariwisata Indonesia berpengaruh dan ini bawa dampak pada bidang ekonomi nasional.

Ini dikatakannya saat berkunjung United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Headquarters di Madrid, Spanyol.

“Wabah Covid-19 berpengaruh ke banyak rakyat Indonesia yang hidupnya tergantung dari bidang pariwisata. Karena itu lawatan kami ke UNWTO sebagai usaha DPR untuk mendapatkan Judi Online saran dan berunding dalam usaha kembali membuka pariwisata Indonesia,” kata Puan seperti diambil dalam penjelasannya, Minggu(28/11/2021).

Tetapi, pelan-pelan Indonesia mulai buka kembali membuka bidang pariwisata susul keadaan wabah Covid-19 yang lebih baik. Puan menjelaskan, pembukaan bidang pariwisata di setiap wilayah di Indonesia bergantung dari tingkat vaksinasi warga.

“Misalnya Bali yang 100 % warganya telah terima vaksin jumlah pertama. Indonesia terus menggalakkan vaksinasi hingga diharap tahun depannya sudah capai sasaran vaksinasi penuh untuk 208 juta warga sebagai sasaran vaksinasi pada Maret 2022,” ungkapkan ia.

Puan mengeklaim DPR terus lakukan pemantauan untuk peningkatan beberapa program pariwisata di Indonesia, satu diantaranya dengan minta saran dari UNWTO.

Ia juga menyentuh masalah keutamaan sustainable tourism atau pariwisata terus-menerus yang memerhatikan pelindungan lingkungan dan pendayagunaan warga lokal.

“Terhitung untuk peningkatan sebuah sustainable tourism negara Indonesia yang memerlukan support dari PBB. Karena itu kami mengharap support dari UNWTO untuk mempromokan tujuan rekreasi Indonesia di luar Bali seperti Labuan Bajo, Raja Ampat, Danau Toba, dan yang lain,” kata Puan.

Percaya Pariwisata Akan Terus Bertambah
Kebangunan ekonomi terutamanya di bagian pariwisata mulai kelihatan. Bukan hanya lokasi rekreasi yang telah semakin ramai, hal tersebut terlihat dari tingkat okupansi hotel yang mulai padat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Inovatif Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, faksinya memperoleh info jika tingkat okupansi mulai ada kenaikan. Di saat PPKM tingkat 4, Dia mengutarakan bila tingkat okupansi hotel di bawah 20 %. Hal tersebut sama seperti dengan keadaan tidak untung dari 40 sampai 50%.

“Tetapi dengan berkurangnya tingkat jadi tingkat satu karena itu tingkat okupansi dari hotel dapat naik menjadi 80% sampai 90 %. tentu saja ini membesarkan hati, karena maknanya kebangunan ekonomi dapat lebih cepat,” katanya dalam info tercatatnya,pada Kamis (25/11/2021).

Satu diantaranya ialah di Kota Sorong Papua. Kode memperjelas, jika dua pekan kemarin ia barusan bertandang ke Sorong untuk pastikan tujuan rekreasi di situ. Saat inilah memperoleh berita baik jika tingkat okupansi di kota itu telah penuh bahkan juga telah normal.

“Alhamdulillah, berita baik. Ini bukanlah cuman untuk Mpo88 aktor pariwisata di Kota Sorong saja, tapi juga untuk semua Indonesia. Kita makin percaya jika pariwisata terus akan bertambah dan lapangan pekerjaan makin terbuka luas,” tegasnya.