KPK Mengakui Punyai Pekerjaan Menumpuk

Mikecraneforcongress – Kepala Seksi I PT Waskita Kreasi 2008-2012, Adi Wibowo, menjadi terdakwa kasus korupsi pembangunan gedung Institut Pemerintah Judi Online Dalam Negeri (IPDN) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, semenjak 2018. Tetapi, dia baru ditahan KPK pada Selasa, 11 Januari 2021.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan Adi baru ditahan sekarang ini karena KPK tengah mempunyai beban kerja yang banyak. Beban yang banyak mengakibatkan KPK perlu lakukan management waktu.

“Mengapa ditata? Karena di saat usaha paksakan penahanan dilaksanakan, karena itu di saat itu argo penahanan itu jalan. Saat argo penahanan itu jalan, berkonsekuensi untuk selekasnya dilimpahkan ke persidangan,” tutur Ghufron dalam pertemuan jurnalis yang disiarkan YouTube KPK.

  1. Wabahk COVID-19 timbulkan beberapa batas
    Ghufron menjelaskan jika hal itu bukan masalah yang memiliki arti hanya karena permasalahan tehnis. Karena, saat wabahk COVID-19 ada beberapa kebatasan.

“Kita kenali 2 tahun tempo hari kita ini banyak memiliki kebatasan baik persidangannya untuk selanjutnya jalan raya gerakan orang untuk menyidangkan di wilayah Sulawesi Selatan itu perlu ditata. Tidak ada masalah tehnis, tetapi cuman penataan agar saat telah dilimpahkan harus selekasnya naik,” terangnya.

  1. KPK sebutkan tidak ada atau adanya TWK, tugas masih tetap menimbun
    Deputi Pengusutan KPK, Karyoto, mengaku tugas KPK menimbun saat persidangan periode wabahk COVID-19 yang serba terbatas. Walau demikian, dia menentang jika dikeluarkannya 57 karyawan lewat test wacana berkebangsaan (TWK) mengakibatkan menyanggaknya tugas KPK.

“Sebagai dari info tidak ada atau ada nya TWK, kami di Kedeputian Pengusutan memang minta sebuah tambahan personil dan secara gagasan SDM-nya memang kita masih tetap ada kurang dari 100 orang, jadi getho, dan tahun ini akan tercukupi, baik dari JPU-nya, atau penyelidik, atau penyidik,” terangnya.

  1. Adi Wibowo dan beberapa terdakwa disebutkan merugikan negara Rp27 miliar
    Dijumpai, Adi Wibowo ditahan KPK atas peningkatan kasus korupsi pembangunan Universitas IPDN yang disebut project Kementerian Dalam Negeri tahun bujet 2011. Ghufron menyebutkan Adi diperhitungkan atur lelang supaya dimenangi PT Waskita Kreasi sampai mentyetujui pemberian beberapa uang atau barang ke beberapa faksi.

“Karena tindakan terdakwa AW dkk, diperhitungkan sudah menyebabkan rugi keuangan negara sekitaran sebesar Rp 27 miliar dari nilai kontrak sejumlah Rp 125 miliar,” kata Ghufron.

Atas tindakannya, Adi Wibowo didugakan sudah menyalahi Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 mengenai Mpo88 Pembasmian Tindak Pidana Korupsi.